Kamis, 23 Mei 2024

KENALI INOVASI MEMBANGUN LITERASI DIGITAL SISWA MELALUI MEDIA PANEN TUMBAR atau PAPAN TEMPEL BERGAMBAR


PANEN TUMBAR atau Papan Tempel dan Kartu Bergambar berbantuan kamus digital adalah inovasi yang dikembangkan oleh salah satu guru SMP N 3 Pekalongan Desi Ariyanti, S.P.d.,M.Pd dan yang dibantu oleh rekannya. Inovasi Panen Tumbar ini adalah salah satu media inovasi yang dikembangkan untuk membangun literasi siswa.

Pengertian Panen Tumbar

PANEN TUMBAR merupakan akronim dari Papan Tempel dan Kartu Bergambar berbantuan kamus digital yang dapat diakses melalui kamus Oxford online baik itu berbasis web yang dapat diakses melalui situs www.en.oxforddictionaries.com maupun berbasis Andoid yang dapat diakses dalam aplikasi Playstore dengan Smartphone yang kita miliki. kartu bergambar ini dibuat dari kertas yang berupa kartu dengan desain yang menarik dimana di dalamnya terdapat satu gambar dan nama perangkat keras serta cara membacanya. Sedangkan papan tempel dibuat dengan menggunakan papan kayu berlapis MMT atau bisa juga dibuat dalam bentuk poster yang dilapisi dengan triplek atau bahan yang dapat berdiri tegak yang difungsikan sebagai papan permainan untuk menempelkan kartu bergambar berdasarkan jenis komponennya. 


Kelebihan dan Kekurangan Media Kartu Bergambar dan Papan Tempel

Kelebihan

1. Desain kartu sangat menarik dengan warna gambar yang terang dan tulisan yang jelas sehingga memudahkan siswa dalam mengamati gambar yang terdapat di dalamnya. 

2. Satu kartu satu gambar sehingga memudahkan siswa untuk melihat gambar lebih jelas. 

3. Desain papan tempel sangat menarik dan menantang siswa dalam mengembangkan kreatifitas dan olah pikir siswa ketika mengelompokkan masing-masing alat yang terdapat pada kartu berdasarkan jenis komponennya.

Kekurangan    

1. Terdapat kartu yang memiliki gambar yang pecah (kemungkinan resolusi gambar perangkat terlalu kecil). 

2. Papan tempel terbuat dari papan kayu yang lumayan berat dan kurang praktis jika dibawa moving antar kelas.

Setelah mengenal apa itu Panen Tumbar, mari kita pelajari bagaimana cara menerapkan peggunaan media Panen Tumbar berbantuan Kamus Digital atau menggunakan kamus Oxford online.

Langkah-langkah Penggunaan Media Panen Tumbar Berbantuan Kamus Digital 

1. Pendidik menyiapkan kartu bergambar dan memperlihatkan masing-masing kartu dengan memandu anak menyebutkan dengan benar nama perangkat yang terdapat di dalam kartu dan mencocokkan dengan kamus Oxford online. 

2. Pendidik menyiapkan kartu bergambar dan papan tempel kemudian memanggil dua anak untuk maju ke depan kelas. Satu anak bertugas menyebutkan nama perangkat yang terdapat di dalam kartu sedangkan anak yang lain bertugas mengamati dan mencocokkan dengan kamus Oxford online.
 
3. Pendidik mengocok semua kartu dan memberi kesempatan satu peserta didik untuk mengambil satu kartu dan menyebutkan nama perangkat keras yang terdapat dalam kartu bergambar lalu menempelkan kartu tersebut pada kolom jenis komponen yang sudah tersedia di dalam papan tempel. 

4. Setelah itu pendidik memberi kesempatan kepada peserta didik yang lain untuk mengamati dan mengomentari apakah yang dilakukan temannya sudah benar, jika belum maka peserta didik tersebut wajib memperbaiki. 

5. Pendidik memberi penilaian terhadap dua siswa tersebut, dan memanggil dua peserta didik yang lain untuk maju ke depan demikian seterusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar